Media sosial kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam proses bisnis perusahaan. Media sosial digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti menyebarkan informasi, melakukan promosi produk baru, hingga membangun citra perusahaan. Saat ini banyak platform media sosial yang digunakan, salah satunya adalah Instagram. Instagram digunakan oleh perusahaan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, membangun citra positif, serta meningkatkan kepercayaan publik. Fitur di Instagram yaitu kolom komentar menjadi salah satu tempat untuk berinteraksi antara perusahan dengan konsumennya, dikarenakan di kolom tersebut dapat saling memberikan feedback, baik positif maupun negatif, dan menjadi ajang bagi perusahaan untuk merespons secara terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Cyber Public Relations pada kolom komentar Instagram XL SATU terhadap citra perusahaan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 100 followers Instagram XL SATU. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan pengaruh dengan skala rendah antara Cyber Public Relations dan citra perusahaan sebesar 25,7%,. Kemudian, terdapat temuan yang memperdalam interpretasi hasil yaitu pertama, pentingnya gaya komunikasi dalam berinteraksi pada cyber public relations. Kedua, perlunya mengkomunikasikan citra perusahaan melalui interaksi pada media sosial, dan ketiga yaitu penerapan cyber public relations sebagai alternatif untuk meningkatkan citra perusahaan. |