Dewasa ini persaingan dalam dunia usaha semakin tajam. Untuk dapat memenangkaii persaingan diperlukan perencanaan strategis. Alat utama dalam perencanaan strategis adalah analisa portfolio untuk menentukan produk mana yang kuat dan yang lemah serta strategi apa yang cocok bagi masing-masing produk tersebut. Dalam penelitian ini penulis membahas 3 model produk yaitu TS 50, TF 85 dan TF 135 HP merek Yanmar dibandingkan dengan Kubota dan Don Feng. Produk TS 50 HP berada pada posisi bintang, mempunyai kekuatan bersaing sedang dalam pasar yang menarik. Strategi yang tepat adalah membangunnya agar dapat masuk ke dalam posisi sapi perah. Produk TF 85 HP berada pada posisi sapi perah, mempunyai potensi bersaing yang kuat dalam pasar yang sangat menarik. Strategi yang tepat bagi produk ini adalah mempertahankan posisi. Produk TF 135 HP berada pada posisi tanda tanya, mempunyai kekuatan bersaing sedang dalam pasar yang daya tariknya biasa-biasa saja. Strategi yang tepat adalah membangun pangsa pasar dari produk tersebut. Saran-saran yang dapat diberikan penulis bagi PT. Yanmar Diesel Indonesia agar dapat memenangkan persaingan adalah meningkatkan penggunaan komponen lokal, melakukan bauran pemasaran dengan memperhatikan segmen pasar, mempertahankan kwalitas dan reputasi produk, serta meningkatkan efisiensi produksi. |