Permintaan akan mutu dari pelanggan semakin berkembang. Pelanggan tidak hanya semakin tergantung pada ketersediaan dan operasi produk dan jasa yang efisien, tetapi mereka juga mengharapkan perbaikan-perbaikan dalam barang dan jasa. Dalam pasar yang kompetitif sekarang ini usaha untuk memenuhi harapan pelanggan akan mutu merupakan tantangan bagi perusahaan. Untuk itu perusahaan berupaya untuk menerapkan suatu sistem peningkatan mutu yang diharapkan benar-benar efektif sehingga dapat mencapai kepuasan pelanggan. PT. UNITED TRACTORS mulai menerapkan Total Quality Control sejak tahun 1981. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau bagaimana usaha PT. UNITED TRACTORS dalam mengidentifikasikan dan memenuhi kebutuhan dan keinginan akan mutu dari pelanggan dan meninjau apakah dengan penerapan Total Quality Control PT. UNITED TRACTORS berhasil mencapai kepuasan pelanggan. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistik uji t untuk melihat apakah ada perbedaan tingkat kepuasan pelanggan dari diterapkannya dua kondisi yaitu sebelum dan sesudah Total Quality Control. Disamping itu, penulis menggunakan analisa deskriptif untuk menggambarkan suatu hal dengan jelas, utuh dan sebagaimana adanya pada suatu periode tertentu. Dari perbandingan jumlah pelanggan yang membeli ulang, jumlah pelanggan baru dan pangsa pasar sebelum dan sesudah diterapkannya TQC, maka akan tampak apakah ada peningkatan kepuasan pelanggan. Total Quality Control memberikan kontribusinya melalui QCC dengan memecahkan permasalahan yang dapat menunjang tercapainya kepuasan pelanggan. |