Konsep diri adalah penilaian individu mengenai diri yang terkait dengan dimensi fisik, moral-etis, diri sosial, diri pribadi dan identitas keluarga. Penerimaan diri adalah penilaian positif individu mengenai diri fisik, psikis, moral dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel konsep diri terhadap penerimaan diri pada siswa kelas X SMK Strada Budi Luhur. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala penilaian konsep diri dengan koefisien reliabilitas sebesar .955 dan penerimaan diri dengan koefisien reliabilitas sebesar .962. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Strada Budi Luhur yang terdiri dari kelas: X AKL 1, X AKL 2 dan X OTKP yang berjumlah 70 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis regresi sederhana dengan taraf signifikansi 5% diperoleh koefisien korelasi sebesar .824 dengan koefisien determinasi sebesar 67,8%. Persamaan regresi diperoleh Y 49.772+1.044 X yang artinya setiap penambahan konsep diri 1 poin, maka penerimaan diri siswa bertambah. Hasil nilai signifikansi sebesar .001 (< .05) yang artinya bila nilai signifikansi <.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa semakin meningkat konsep diri maka semakin meningkat penerimaan diri siswa kelas X SMK Strada Budi Luhur. Saran dari peneliti adalah kiranya pihak sekolah memberikan seminar mengenai aktualisasi diri melalui konsep diri dan penerimaan diri. Bagi Guru Bimbingan dan Konseling disarankan memberikan layanan bimbingan kelompok mengenai penerimaan diri. |