Anda belum login :: 23 Jul 2025 03:16 WIB
Detail
BukuPEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGENAI KERAGAMAN BUDAYA di INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD KATOLIK MARIE JOSEPH
Bibliografi
Author: SIANTURI, PUTRI MARIANA JUNIATI ; Stevanus, Ivan (Advisor)
Topik: Pemahaman; Peserta Didik; Keragaman Budaya; IPAS
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap keragaman budaya di Indonesia pada mata pelajaran IPAS muatan sosial di kelas IV SD Katolik Marie Joseph. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pemberian tes soal kepada peserta didik yang terdiri dari soal pilihan ganda, soal temukan kata, dan soal esai. Subjek penelitian adalah 23 peserta didik di SD Katolik Marie Joseph. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik memiliki tingkat pemahaman yang rendah dengan persentase kategori rendah adalah 48%. Sementara itu, 35% peserta didik berada pada kategori sedang, dan hanya 17% peserta didik yang tergolong dalam kategori tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya pemahaman peserta didik dikarenakan kurangnya perhatian peserta didik terhadap pemahaman mengenai materi keragaman budaya dalam pembelajaran IPAS, serta keterbatasan strategi pembelajaran yang terlalu bersifat hafalan dan bukan memahami. Melalui penelitian ini peneliti merekomendasikan perlunya inovasi metode pembelajaran harus berfokus pada strategi peningkatan pemahaman peserta didik dengan topik yang berbasis tentang keragaman budaya atau budaya lokal sehingga menghasilkan pembelajaran yang bermakna. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif, sekolah dalam mengintegrasikan pemahaman peserta didik terhadap keragaman budaya, dan peneliti lain dapat menciptakan kajian baru terkait kemampuan kognitif pada tahap yang lebih tinggi.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.140625 second(s)