Anda belum login :: 24 Jul 2025 00:01 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Penggunaan Media Papan “Ber-Ulah” untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II di SD Strada Bhakti Wiyata 1, Bekasi
Bibliografi
Author:
Amalia, Dominika Felita
;
Budhayanti, Clara Ika Sari
(Advisor)
Topik:
media pembelajaran
;
papan ber-ulah
;
pembelajaran matematika
;
kesulitan belajar matematika.
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Dominika Felita Amalia_Undergraduated Thesis_2025.pdf
(3.81MB;
14 download
)
202103050004_Dominika Felita Amalia_Lembar Administrasi.pdf
(774.17KB;
1 download
)
Abstract
Kesulitan belajar matematika banyak dialami peserta didik mencakup kemampuan memahami konsep, memahami prinsip matematis dan menyelesaikan masalah verbal yang diakibatkan oleh beberapa hal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Papan Ber-Ulah untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada materi pembelajaran Penjumlahan Ratusan Bersusun dengan Teknik Menyimpan pada peserta didik kelas II SD Strada Bhakti Wiyata 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Papan Ber-Ulah dapat membantu peserta didik dalam kesulitan belajar matematika kesulitan memahami konsep, menggunakan prinsip matematis dan menyelesaikan masalah verbal. Selain itu, penggunaan media Papan Ber-Ulah dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik, mengurangi kesalahan perhitungan, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan bernalar kritis. Dapat disarankan bagi guru yang mengajar peserta didik dengan kesulitan belajar matematika khususnya tiga indikator kesulitan belajar tersebut serta dapat lebih memanfaatkan media pembelajaran yang relevan dalam pembelajaran konseptual. Selain itu, sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga setiap peserta didik memiliki pengalaman belajar yang tepat dan sesuai.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.09375 second(s)