Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang penting bagi siswa sekolah dasar sebagai landasan untuk memahami berbagai mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas IB SD Abdi Siswa Bintaro melalui penerapan metode permainan monopoli kata. Penelitian tindakan ini menggunakan model siklus Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah enam siswa kelas IB yang mengalami kesulitan membaca lancar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pada setiap aspek, yaitu kelancaran membaca, intonasi, kejelasan suara, dan ketepatan melafalkan kata. Rata-rata skor pada siklus pertama dengan nilai 61,6 siklus kedua 70 dan siklus ketiga 82,5. Metode permainan monopoli kata berhasil meningkatkan kemampuan membaca lancar. Masing – masing siklus terdapat perbedaan, siklus pertama dengan topik buah – buahan dan hewan lalu siswa melakukan penilaian secara lisan, siswa diminta untuk membaca 1 kalimat. Siklus kedua dengan topik benda hidup dan tidak hidup lalu siswa melakukan penilaian secara lisan, siswa diminta untuk membaca 2 kalimat dan siklus ketiga dengan topik berbagai macam profesi lalu siswa melakukan penilaian secara lisan, siswa diminta untuk membaca 3 kalimat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode permainan monopoli kata efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa dan memotivasi siswa untuk belajar membaca. Peneliti merekomendasikan penggunaan metode ini dalam pembelajaran membaca, terutama untuk siswa yang memiliki kesulitan membaca. |