Keberagaman karakteristik peserta didik menunjukkan ciri khas dan kebutuhan belajar yang berbeda dalam dunia pendidikan. Sudah selayaknya keragaman tersebut dimaknai sebagai kekayaan yang perlu diakomodasi. Salah satu upaya akomodasi keberagaman tersebut dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Pendekatan pembelajaran yang menekankan kebutuhan belajar peserta didik. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan berdiferensiasi pada pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di SD Strada Santa Maria. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi partisipan dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapannya sudah berjalan cukup baik namun belum terstruktur dengan optimal. Sekolah masih memaknai pembelajaran berdiferensiasi secara sempit, sebagai pembelajaran khusus untuk peserta didik tertentu. Namun dalam pelaksanaannya sudah menunjukkan karakter pembelajaran berdiferensiasi dengan baik. |