Perkembangan teknologi terkait gawai merupakan salah satu perubahan besar dalam pola interaksi manusia yang disebabkan oleh kemajuan teknologi di masa globalisasi. Penggunaan gawai yang berlebihan berdampak pada semua aspek kehidupan termasuk dalam pola komunikasi terkait dengan kesantunan berbahasa. Kesantunan berbahasa terutama bagi siswa sekolah dasar, merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh intensitas penggunaan gawai terhadap kesantunan berbahasa siswa kelas V SD Strada Bhakti Wiyata I Bekasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Sampel penelitian berjumlah 56 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik angket menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Data hasil penelitian diolah menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Penghitungan statistic deskriptif meliputi rata-rata dan persentase, sedangkan statistic inferesial terdiri dari analisis regresi dan uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan tingkat intensitas penggunaan gawai berada dalam kategori sedang, dan tingkat kesantunan berbahasa siswa juga berada dalam kategori sedang. Uji analisis regresi menunjukkan terdapat pengaruh intensitas penggunaan gawai terhadap perilaku kesantunan berbahasa siswa kelas V SD Strada Bhakti Wiyata I Bekasi, pada taraf signifikansi 0,05% dimana diperoleh t-hitung sebesar 5,274 yang lebih besar dari t-tabel sebesar 2,005. Pengaruh intensitas penggunaan gawai terhadap perilaku kesantunan berbahasa tersebut sebesar 34%. Oleh karena itu disarankan bagi orang tua, guru, dan sekolah untuk memperhatikan intensitas penggunaan gawai dan perilaku kesantunan berbahasa siswa melalui berbagai upaya baik dalam aspek pendidikan maupun aspek lainnya. |