Anda belum login :: 07 Jun 2025 01:01 WIB
Detail
BukuPerilaku Peserta Didik dalam Pelaksanaan Asesmen Formative dengan Menggunakan Gawai Kelas V di SD Marie Joseph
Bibliografi
Author: Paulus, Anasthasia Yerly Kurniawan ; Rahmawati, M. Chori (Advisor)
Topik: penggunaan gawai; perilaku peserta didik; asesmen formatif
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Pendidikan yang ada di indonesia telah mengalami perkembangan, saat ini beberapa sekolah menerapkan kurikulum merdeka. Dalam kurikulum merdeka ini guru diberikan kebebasan untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan menyesuaikan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Di era serba digital ini pendidikan pun ikut berkembang pesat dan perlahan pembelajaran yang ada di kelas sudah mulai memanfaatkan teknologi digital seperti gawai. Di SD Marie Joseph telah melaksanakan asesmen formatif dengan memanfaatkan google classroom, google formulir, quizizz, dan juga kahoot. Dalam pelaksanaannya ditemukan beberapa masalah seperti jaringan yang tidak stabil, gawai yang digunakan lemot, mudahnya akses untuk membuka materi dan juga mudahnya akses dalam membuka aplikasi lain. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik menunjukkan perilaku yang tidak jujur dan bertanggung jawab. Dengan adanya permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk melihat lebih dalam lagi terkait perilaku peserta didik dalam pelaksanaan asesmen formatif dengan menggunakan gawai kelas V di SD Marie Joseph. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perilaku yang muncul saat dilaksanakannya asesmen formatif dengan menggunakan gawai adalah perilaku yang tidak jujur dan tidak bertanggung jawab. Perilaku tersebut muncul dari hasil penelitian seperti mencari jawaban di google, membuka instagram, dll. Dalam hasil penelitian yang diambil dari kesimpulan, yaitu tentang pelaksanaan asesmen formatif tidak efektif, maka penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dalam memanfaatkan teknologi secara efektif saat dilaksanakannya asesmen formatif di kelas dengan menggunakan gawai. Dengan adanya strategi khusus yang digunakan diharapkan peserta didik dapat mempertahankan perilaku jujur dan bertanggung jawab pada saat pelaksanaan asesmen formatif dengan menggunakan gawai.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.09375 second(s)