Salah satu kesulitan siswa dalam mempelajari matematika disebabkan oleh obyek kajian matematika yang abstrak. Pada pembelajaran matematika, siswa terutama siswa sekolah dasar hanya dapat mempelajari materi atau konsep yang konkret. Dengan demikian, dalam proses belajar materi atau konsep meliputi abstrak, siswa harus tetap terhubung dengan segala sesuatu yang konkret yang dapat dikenali secara langsung oleh panca indera. Jika materi pelajaran terlalu abstrak untuk siswa, dibutuhkan alat bantu sebagai media pembelajaran. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di kelas III SD Negeri Binong 1 tangerang, pada hari Selasa, 8 Oktober 2024, ditemukan bahwa pada pembelajaran matematika guru terbiasa menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction), dan siswa sekedar menerima instruksi langsung dari guru. Guru tidak sering menggunakan alat bantu atau media pembelajaran dalam proses belajar, terutama pada materi perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan terdapat Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Perkalian Berbasis Montessori Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di SD Negeri Binong 1 Tangerang, tahun ajaran 2024/2025. Dalam penelitian ini jumlah sampel 40 siswa, yang digunakan di kelas terdiri dari siswa laki-laki 18 orang dan siswa perempuan 19 orang. Pengumpulan data menggunakan tes instrumen penelitian berupa pretest dan posttes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal. Perhitungan uji normalitas dilakukan dengan uji Levene test. Pada nilai prettest diperoleh L hitung = 0,800 dan L table = 0,14 sedangkan posttest diperoleh L hitung = 0,756 dan L table = 0,14. Karena L hitung > L table maka H1 diterima dan kesimpulan nya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Paired sampel t-test diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yakini 3,964 > 2,024. Dengan demikian H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan hasil belajar pretest antara siswa yang menggunakan alat peraga papan perkalian berbasis metode Montessori dengan siswa yang tidak menggunakan alat peraga papan perkalian berbasis metode Montessori terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di SD Negeri Binong 1 Tangerang. Penelitian ini berguna bagi calon guru untuk mendapatkan inovasi di dalam mengajar agar lebih inovasi dan kreatif. |