Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan aplikasi Story Jumper dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita pada siswa kelas III SD Bunda Maria. Dengan melibatkan 19 siswa, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi siswa dalam menulis. Literasi digital menjadi fokus utama, di mana siswa diajarkan untuk memilah informasi yang relevan dan meningkatkan etika dalam bermedia sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi digital dengan menggunakan story jumper berpengaruh positif terhadap minat dan motivasi membaca siswa dan menulis siswa, serta meningkatkan keterampilan dasar dalam penggunaan perangkat digital dan aplikasi online yang penting di era digital saat ini seperti story jumper. Melalui kegiatan pembelajaran yang interaktif, dengan menggunakan story jumper siswa diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam menulis cerita, pembacaan teks cerita anak, yang diharapkan dapat memicu kreativitas mereka dalam menulis. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pendidik dan siswa dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan sesuai dengan kemajuan teknologi . Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya berkontribusi pada peningkatan keterampilan menulis siswa, tetapi juga pada pengembangan literasi digital yang lebih luas di kalangan peserta didik. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi gerakan literasi digital dengan membuat cerita melalui story jumper dapat memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa, serta mempromosikan budaya menulis di kalangan siswa .Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif di masa depan. |