Media adalah jaringan komunikasi yang menghubungkan individu dan kelompok dengan pesan dan informasi. Media audio adalah media yang menggunakan pendengaran sebagai indra utama untuk menerima pesan dan informasi. Pembelajaran bahasa Indonesia adalah salah satu proses yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia baik secara lisan maupun tertulis proses ini melibatkan keterampilan salah satunya keterampilan menyimak yaitu kemampuan untuk menangkap, memahami, dan menginterpretasikan informasi yang disampaikan secara lisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kemampuan menyimak siswa kelas 3 SD Santo Leo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yaitu kerjasama antar peneliti dan guru yang di mana guru memiliki peranan penting dalam penelitian yang mencangkup dua siklus yang dalam tiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi kegiatan pembelajaran, wawancara guru, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan media audio dapat meningkatkan kemampuan menyimak yang terlihat dari penerapan siklus 1 pada tahap pretest yang tidak menggunakan audio dengan rata-rata (84,0) dan pada tahap post test yang menggunakan audio dengan rata-rata (87,0 ) terlihat dari hasilnya bahwa penggunaan media audio pada siklus 1 cukup meningkat, lalu pada siklus 2 dalam tahap pretest yang tidak menggunakan media audio dengan rata-rata (87,0) dan pada tahap post test yang menggunakan media audio dengan rata-rata (89,0). |