Model pembelajaran Direct Reading Activity membantu dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan, serta pengorganisasian proses pembelajaran. Pembelajaran Direct Reading Activity (DRA) melibatkan penguasaan keterampilan bahasa untuk memahami pengetahuan terkait bidang lain. Ada pun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa secara signifikan, terutama dalam pemahaman, kecepatan, dan kosa kata. Menumbuhkan minat baca dan kebiasaan membaca yang positif pada siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis siswa melalui kegiatan membaca, mengembangkan kemampuan siswa dalam mengolah informasi dan menghubungkannya dengan pengetahuan yang telah dimiliki. Penelitian Tindakan, yang bersifat refleksi, adalah jenis penelitian tindakan ini dilakukan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran di mana pelajaran dilakukan. Pada penelitian ini, kegiatan belajar siswa diamati dalam setiap siklus untuk melihat perubahan tingkah laku dan kemajuan belajar siswa, yang berpengaruh pada hasil belajar. Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data seperti observasi. Perbandingan hasil periode pertama, nilai rata-rata siswa sebesar 78,5, nilai rata-rata periode kedua sebesar 90. Skor ini meningkat sebesar 12,50 dibandingkan periode pertama. Siklus pertama dan kedua menggunakan tahapan baca dengan menggunakan DRA. Peningkatan nilai tersebut disebabkan karena pada siklus pertama siswa belum terbiasa belajar secara berkelompok sehingga kurang mengembangkan kesadaran untuk membantu temannya yang kurang memahami materi. |