Pengembangan merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menghasilkan suatu produk yang baru. Di dunia pendidikan, salah satu produk yang dihasilkan adalah video animasi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang menghasilkan produk berupa video animasi pencegahan bullying untuk sekolah dasar. Bullying merupakan suatu permasalahan yang sering terjadi di lingkungan sekolah dasar dan dampak yang diberikan sangat mempengaruhi perkembangan anak. Oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa untuk saling menghargai. Penelitian ini bertujuan agar memberikan edukasi berupa media video animasi dengan tema “Beda itu Indah” sebagai upaya untuk pencegahan bullying di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Video animasi telah uji validitas dan telah melakukan uji coba dengan skala kecil dan uji coba dengan skala besar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV & V dan guru di tiga sekolah yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi video animasi ini efektif untuk mengembangkan pemahaman siswa untuk saling menghargai perbedaan. Respon siswa dan guru terhadap video animasi sangat positif dan terbantu akan adanya video animasi ini. Melalui penelitian ini, peneliti berharap video animasi “Beda itu Indah” dapat memberikan kontribusi nyata untuk mencegah perilaku bullying di sekolah dasar. Selain itu, dengan media ini diharapkan dapat menjadi inspirasi guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang mendukung karakter siswa. |