Meningkatnya jumlah pengguna internet membuat industri perhotelan memasuki era digital dengan mengembangkan strategi untuk meningkatkan penjualan kamar dengan menerapkan sistem reservasi hotel dalam jaringan (daring). Reservasi hotel secara daring dapat berupa situs web resmi hotel atau situs web pihak ketiga, seperti agen perjalanan daring. Pembelian produk dengan agen perjalanan daring dapat melalui aplikasi atau situs web. Pembelian produk dengan aplikasi agen perjalanan daring telah semakin marak. Sebelum melakukan pembelian, konsumen akan mencari ulasan terlebih dahulu dari tamu yang pernah menginap di hotel. Kehadiran ulasan konsumen daring merupakan sumber informasi yang dapat diandalkan. Pembelian pada hotel melalui aplikasi perjalanan merupakan bagian dari keputusan pembelian. Karena itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh ulasan konsumen daring, baik secara keseluruhan ataupun per dimensi, terhadap keputusan pembelian pada hotel melalui aplikasi perjalanan. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pilot test dan data penelitian selama bulan Maret hingga Juli 2024. Dari pengumpulan dan pengolahan data, dapat disimpulkan bahwa ulasan konsumen daring memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada hotel melalui aplikasi perjalanan. Setiap dimensi dari ulasan konsumen daring juga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada hotel melalui aplikasi perjalanan. Karena itu, dalam penelitian, diharapkan ulasan konsumen daring menjadi perhatian khusus bagi para penyedia jasa hotel agar dapat menambah nilai tambah bagi hotel. |