Anda belum login :: 20 Feb 2025 10:16 WIB
Detail
BukuKAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENGGUNAAN CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN STAINLESS STEEL DAN TEMBAGA TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR HONDA ASTREA PRIMA 100 CC TAHUN 1990
Bibliografi
Author: HANDIGOUW, BRIAN ; Soewono, Arka Dwinanda (Advisor)
Topik: Catalytic converter; Honda Astrea Prima; Tekanan balik; Emisi Gas Buang.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Catalytic converter merupakan salah satu komponen dalam mesin pembakaran dalam karena catalytic converter memiliki peran dalam mengurangi emisi gas buang dari hasil pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar. Penggunaan catalytic converter telah menjadi standar di Indonesia sejak tahun 2007 dimana pada tahun tersebut ditetapkan standar emisi euro 2. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak dari penambahan catalytic converter pada Honda Astrea Prima terhadap penurunan emisi gas buang yang dihasilkan. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa penggunaan catalytic converter berbahan tembaga dan stainless steel dapat menjadi alternatif untuk mendapat biaya produksi yang lebih rendah dan dapat berfungsi dengan baik. Hasil dari penelitiannya adalah pada putaran mesin idle terdapat kenaikan tekanan balik 1 Psi, pada putaran mesin 2500 RPM terdapat kenaikan tekanan balik 2 Psi, dan pada putaran mesin 4000 RPM terdapat kenaikan tekanan balik 2 Psi. Pengujian emisi gas buang pada putaran mesin idle mendapat penurunan nilai HC sebesar 15% dan penurunan nilai CO sebesar 8.5%, kemudian pada putaran mesin 2500 RPM didapat penurunan nilai HC sebesar 39% dan penurunan nilai CO sebesar 14%, kemudian pada putaran mesin 4000 RPM didapat penurunan nilai HC sebesar 39% dan penurunan nilai CO sebesar 20%.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.203125 second(s)