Penelitian dilaksanakan pada PT. Hadikusumo Bros Coy untuk mengetahui penerapan strategi bertahan dan menganalisis pesaing utamanya. Dalam penelitian ini, penulis mengevaluasi prosentase perkembangan penjualan perusahaan, perbandingan harga net rata-rata, perbandingan volume penjualan antara perusahaan dengan dua pesaing utamanya, analisa trend dan analisa terhadap pesaing utama digunakan untuk mengetahui strategi bertahan yang dijalankan perusahaan. Dari Hasil penelitian, Fora menduduki posisi sebagai pemimpin pasar, Hasil analisa trend menunjukkan penjualan Fora akan mengarah ke kanan atas atau menunjukkan peningkatan pada masa yang akan datang. Strategi bertahan yang digunakan selama ini dapat dikatakan relatif cukup berhasil dan dapat terus dipergunakan. Saran-saran: hendaknya dapat diterapkan strategi pemasaran yang bersifat dinamis, strategi pelayanan pada konsumen tetap menjadi perhatian utama/ bagian R&D disarankan agar dikembangkan lagi dan kegiatan promosi lebih diperhatikan lagi. |