Anda belum login :: 21 Feb 2025 19:14 WIB
Detail
BukuGaya Komunikasi Populis Prabowo Subianto Pada Pemilu 2024 Berdasarkan Analisis Isi Berita Kompas.com dan Detik.com
Bibliografi
Author: Moke, Fridolin Edwin ; Simarmata, Salvatore (Advisor)
Topik: Kampanye Pemilu; Komunikasi Politik; Populisme; Gaya Komunikasi Populis
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Populisme menjadi populer di dunia dan di Indonesia dalam satu dekade terakhir. Prabowo Subianto merupakan salah satu kontestan yang memiliki unsur populisme paling mencolok. Populisme sebagai gaya komunikasi mendominasi selama kampanye pilpres tahun 2024. Prabowo Subianto dalam berbagai kesempatan pada saat kampanye, sering memperlihatkan gaya komunikasi populis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana gaya komunikasi populis Prabowo Subianto pada pilpres 2024. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi politik, media digital, kampanye pemilu, komunikasi populis, populisme, gaya komunikasi dan gaya komunikasi populis. Metode penelitian ini adalah analisis isi berupa pernyataan langsung Prabowo Subianto yang diberitakan oleh media kompas.com dan detik.com dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kalau gaya komunikasi populis Prabowo Subianto pada pilpres 2024 didominasi oleh perilaku yang bermusuhan dengan menggunakan fakta atau peristiwa untuk memolarisasi opini publik, memancing emosi positif dengan memperlihatkan antusiasme, harapan dan kebanggaan, pemimpin kharisma dengan menampilkan sifat-sifat karismatik serta memosisikan diri sebagai penyelamat bangsa dan cara penyelesaian masalah dengan menyederhanakan masalah yang kompleks.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)