Munculnya berbagai merek dan produk yang terus meningkat membuat persaingan di pasar semakin ketat. Oleh karena itu, perusahaan harus berinovasi dalam strategi pemasaran mereka agar produk yang ditawarkan tetap bisa eksis dan bisa bersaing di pasar. Samsung merupakan salah satu brand yang berusaha tetap eksis dan bersaing dalam menunjukkan keunggulannya terutama di produk smartphone. Pada komunikasi pemasaran internasional, terdapat fenomena relatif baru Bernama ”hallyu” yang berarti gelombang Korea yang merujuk pada popularitas budaya pop Korea di seluruh dunia dan menjadi salah satu peluang besar dalam kegiatan komunikasi pemasaran. Samsung memanfaatkan peluang besar ini dengan mengembangkan aktifitas komunikasi pemasarannya melalui penerapan strategi product placement pada drama Korea Business Proposal. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan apakah strategi product placement pada drama Korea Business Proposal dapat membentuk brand awareness dan minat beli Samsung Galaxy Z Flip 3 5G. Penelitian ini mengacu pada teori komunikasi pemasaran (advertising), product placement, brand awareness, dan minat beli. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam serta observasi pada drama Business Proposal. Hasil dari analisis penelitian ini menyatakan bahwa penerapan strategi product placement berhasil membentuk brand awareness dan minat beli penonton |