Adanya perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, seperti digitalisasi dan globalisasi, kemampuan berinovasi merupakan faktor penentu dalam meraih keberhasilan jangka panjang. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui strategi inovasi terhadap keberhasilan pada start up digital khusus UMKM pada Yo-Kulak di Semarang. Penelitian ini mengkaji bagaimana berbagai komponen Strategi Inovasi, A to F Model, seperti Activator, Browser, Creator, Developer, Executor dan Facilitator yang mempengaruhi keberhasilan strategi inovasi yang diterapkan oleh Yo-Kulak. Dengan menggunakan metode kualitatif, melalui informasi yang dikumpulkan dari informan kunci yaitu Co-Founder Yo-Kulak, dan untuk informan triangulasi melalui pemilik warung sebagai pengguna aplikasi dan Delivery-Man Yo-Kulak, dilakukan analisis strategi inovasi berkelanjutan yang diterapkan oleh Yo-Kulak sebagai start-up menunjukkan pertumbuhan Yo-Kulak dalam waktu 5 tahun dan masih akan memperluas pasar mereka secara mandiri. |