Internet telah menjadi sumber informasi utama di era digitalisasi sehingga memberikan peluang besar bagi media online untuk menyampaikan informasi secara cepat dan luas. Penyebaran informasi pada media online di Indonesia telah mencapai efektivitas komunikasi, diantaranya adalah media online Kompas.com dan Tempo.co. Kedua media tersebut menyebarkan berita tentang pembangunan IKN oleh influencer yang memicu interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana framing pemberitaan yang dilakukan oleh kedua media online tersebut pada peran influencer dalam pembangunan IKN periode Juli- Agustus 2024. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah ideologi media, media online, agenda setting, kebijakan publik, dan framing. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam paradigma konstruktivis. Teknik perolehan data dilakukan dengan cara melakukan observasi pada pemberitaan kedua media online tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keberpihakan yang positif pada media Kompas.com, sedangkan pada media Tempo.com pemberitaan cenderung negatif. |