Indonesia memiliki Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berperan penting dalam perekonomian nasional. Salah satu Badan Usaha Milik Negara, Pertamina EP Cepu Regional 4 merupakan perusahaan yang bergerak di sektor industri minyak dan gas (migas) yang melibatkan eksplorasi dan eksploitasi hingga penjualan minyak dan gas bumi. Sejak tahum 2020, Kementrian BUMN mengarahkan seluruh perusahaan yang berada dalam naungan mereka untuk menerapkan nilai budaya AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis,Adaptif dan Kolaboratif). Penelitian ini bertujuan menganalisis proses internalisasi budaya organisasi melalui peran employee relations dalam membentuk loyalitas karyawan di Pertamina EP Cepu Regional 4, dengan fokus pada implementasi nilai-nilai budaya AKHLAK. Teori dasar yang digunakan dalam penelitian sebagai acuan adalah Budaya Organisasi, Employee relations, Komunikasi Organisasi dan Loyalitas. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam dengan berbagai pihak seperti dari level Manager hingga Officer, serta observasi dan studi dokumen sebagai bentuk perolehan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya AKHLAK telah terinternalisasi secara efektif melalui berbagai program seperti Living Core Values (LCV), Kampus Kamis, workshop lintas divisi, dan pembentukan Agent of Change (AOC). internalisasi budaya AKHLAK ini menjadi fondasi yang kuat dalam membangun loyalitas karyawan dan mendukung pencapaian visi Pertamina EP Cepu Regional 4 sebagai perusahaan energi kelas dunia. |