Anda belum login :: 20 Feb 2025 08:54 WIB
Detail
BukuANALISIS FRAMING ULASAN FILM OPPENHEIMER DI LETTERBOXD DALAM MEMBENTUK MINAT MENONTON
Bibliografi
Author: Tobing, Michelle Angela Allegra ; Nantingkaseh, Alfonso Harrison (Advisor)
Topik: Komunikasi Massa; Media; Framing; Minat Menonton
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Ilmu Komunikasi - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Sebagai salah satu jenis media massa, film telah berperan lebih dari sebuah media kreatif. Film dapat menjadi sumber hiburan bagi audiens dan audiens memanfaatkan ulasan film dalam menentukan keputusan menonton sebuah film. Salah satu film terbesar pada tahun 2023, Oppenheimer karya Christopher Nolan menjadi salah satu film yang dipilih oleh audiens untuk memperoleh hiburan. Sedangkan, platform Letterboxd merupakan salah satu situs yang memuat ulasan film dan banyak digunakan oleh para cinephile atau penggemar film. Ulasan film dikatakan mampu membantu calon penontonnya untuk membentuk suatu ekspektasi sehingga audiens tidak menonton dengan “buta”. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan memahami peran ulasan film sebagai wujud framing dalam membentuk minat menonton. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup Komunikasi Massa, Media Massa, Film, Uses and Gratification, Media Framing, dan Minat Menonton. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur yang didukung oleh analisis framing ulasan film di Letterboxd sebagai metode observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian berhasil menunjukkan bahwa Letterboxd dipilih sebagai sebuah situs mengulas film oleh para penggunanya karena mampu memberikan fitur untuk berinteraksi dan memuat konten yang jujur, dengan unsur framing catchphrases, depiction, dan appeals to principle yang paling sering muncul dalam ulasan mengenai film Oppenheimer. Unsur-unsur framing tersebut kemudian mampu membentuk minat menonton audiens terhadap film tersebut. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan bahwa minat menonton audiens juga timbul karena adanya dorongan perasaan Fear of Missing Out (FOMO) dan Peer Influence. Signifikansi sebuah ulasan juga ditemukan mampu mendukung terbentuknya minat audiens untuk menonton film Oppenheimer, terlebih bagi para audiens awam.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)