Meningkatnya penggunaan teknologi Artficial Intelligence (AI) dalam platform digital termasuk aplikasi streaming seperti Netflix, telah menciptakan pengalaman yang personal dan interaktif bagi pengguna. Salah satu aspek yang menjadi fokus adalah Immersive Experience yang menawarkan pengalaman mendalam melalui teknologi AI yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Immersive Experience pada teknologi AI terhadap kepuasan pelanggan di aplikasi streaming Netflix. Penelitian ini menggunakan dua teori yaitu Immersive Experience dan kepuasan pelanggan dengan metode kuantitatif deskriptif melalui penyebaran survei online kepada 100 responden di Jakarta. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Immersive Experience memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0.731. Lalu, temuan tersebut diperkuat dengan interpretasi sebagai berikut, pertama, elemen storytelling experience yang interaktif dengan dukungan teknologi berbasis AI menciptakan Immersive Experience pada konten hiburan. Kedua, kebutuhan dasar pelanggan seperti peran kualitas streaming perlu dipenuhi oleh platform konten hiburan digital, dan pemenuhan kebutuhan performa dengan fitur teknologi AI yang selalu diperbarui. Ketiga, perlunya optimalisasi teknologi AI untuk memperkuat kepuasaan pelanggan dalam mengonsumsi produk. |