Generasi Z hidup di era digital yang memberikan kemudahan akses informasi, tetapi juga meningkatkan tekanan sosial dan kebutuhan akan validasi, yang berkontribusi pada meningkatnya social anxiety. Menyikapi tantangan ini, PT Sasa Inti melalui platform Instagram @MicinSocialGang meluncurkan kampanye digital “WE ARE MSG; #BeYouBeConfident” sebagai ruang kolaboratif untuk membangun kepercayaan diri Gen Z. Penelitian ini menggunakan lima indikator untuk mengukur efektivitas strategi konten digital: reader cognition, sharing motivation, persuasi, pengambilan keputusan, dan faktor kehidupan, serta mengukur social anxiety berdasarkan tiga indikator: kesadaran fisiologis, psikologis, dan kognitif. Dengan menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dengan dominasi usia 18-24 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi konten digital (earn media) berkontribusi sebesar 9,7% terhadap penurunan perilaku social anxiety Generasi Z. Meskipun kontribusinya tergolong kecil, hasil ini menegaskan bahwa konten digital earn media dapat menjadi salah satu pendekatan yang relevan dalam membantu mengatasi social anxiety pada Gen Z, terutama jika dirancang lebih optimal. Rekomendasi pengembangan kampanye mencakup peningkatan frekuensi postingan konten, penyusunan pesan yang lebih relevan, serta penyediaan panduan praktis bagi audiens agar dapat mengaplikasikan pesan kampanye dalam kehidupan sehari-hari. Dengan optimalisasi ini, kampanye “WE ARE MSG; #BeYouBeConfident” dapat lebih efektif dalam menurunkan perilaku social anxiety dan meningkatkan kepercayaan diri Generasi Z. |