Sistem pengereman, terutama rem cakram, merupakan komponen vital pada kendaraan modern untuk mendukung keselamatan pengemudi. Penelitian ini menganalisis pengaruh rancangan rotor rem cakram dengan kombinasi geometri dan material tertentu guna mendapatkan performa terbaik. Geometri yang dianalisis meliputi Crossed Drilled Surface with Solid Rotor Disc, Crossed Drilled Surface with Vented Rotor Disc, dan Crossed Drilled Surface with Diamond Pillared Vented Rotor Disc, sedangkan material yang diuji adalah Gray Cast Iron (GCI) dan Aluminum Metal Matrix Composite (Al-MMC) Reinforced 40% SiC. Dilakukan simulasi untuk Analisis termal pada distribusi temperatur dan analisis struktur pada von-Mises Stress, Elastic Strain, serta total deformasi. Hasilnya menunjukkan bahwa geometri Crossed Drilled Surface with Diamond Pillared Vented Rotor Disc memiliki kemampuan terbaik dalam mendisipasi panas, sementara Crossed Drilled Surface with Vented Rotor Disc unggul dalam kestabilan struktural. Kombinasi geometri Crossed Drilled Surface with Vented Rotor Disc dengan material GCI terbukti menjadi pilihan optimal dengan kestabilan termal dan struktur yang baik serta efisiensi berat dan biaya. |