SD Desa Putera merupakan salah satu unit karya di bawah naungan Yayasan Budi Mulia Lourdes yang menanamkan nilai-nilai spiritualitas Budi Mulia kepada peserta didiknya melalui Pendidikan Spiritualitas Budi Mulia (PSBM). Salah satu nilai yang ditanamkan adalah kemandirian. Penelitian ini mengkaji penerapan modul PSBM dalam meningkatkan kemandirian peserta didik kelas V SD Desa Putera. Ruang lingkup penelitian mencakup evaluasi isi modul, kendala dalam pelaksanaannya, dan upaya pengembangan proses pembelajaran agar lebih kontekstual serta sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD) sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian meliputi guru, kepala sekolah, dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul PSBM yang sedang diterapkan memiliki potensi untuk membentuk sikap kemandirian peserta didik, namun terdapat beberapa kelemahan dalam langkah-langkah penyajian materi di kelas. Beberapa faktor seperti durasi waktu pembelajaran yang terbatas, relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari, dan pendekatan pengajaran menjadi kendala dalam implementasi modul. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul PSBM perlu diperbaharui agar dapat menekankan nilai-nilai khas Budi Mulia yang terintegrasi dengan konteks kehidupan peserta didik. Hasil akhir dari penelitian ini adalah modul Pendidikan Spiritualitas Budi Mulia tentang nilai kemandirian yang telah diperbaharui. |