Pertumbuhan ekonomi terus berlanjut di beberapa negara di dunia, dan hal ini berdampak signifikan terhadap pasar ritel. IKEA telah menjadi salah satu merek furnitur terkemuka di dunia. Toko IKEA masih relatif baru di Indonesia, sehingga jumlah tokonya masih terbatas. Penelitian ini bertujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh Marketing Mix terhadap keputusan pembelian Konsumen IKEA. Konsep utama penelitian ini adalah marketing mix dengan 4 dimensi yaitu customer need (kebutuhan konsumen), cost (biaya), convenience (kenyamanan), communication (komunikasi). Obyek dalam penelitian ini adalah produk IKEA (Alam Sutera). IKEA Alam Sutera merupakan toko IKEA pertama di Indonesia yang memfokuskan perhatian pada furnitur rumah cerdas, bergaya, namun terjangkau. IKEA berkomitmen memberikan produk yang menjadikan rumah nyaman guna menciptakan perabotan fungsional serta ramah lingkungan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan survei sebagai instrumen perolehan data menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan pada 100 responden, diketahui mayoritas responden adalah wanita. Berdasarkan analisis penilitian ini, didapatkan hasil bahwa Marketing Mix memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk IKEA. Diketahui bahwa dimensi customer need (kebutuhan konsumen) paling memengaruhi dengan rata-rata 4.26. Iklan di saluran seperti YouTube, situs web, dan media sosial terbukti lebih efektif dibandingkan iklan tradisional seperti televisi dan radio. Mengoptimalkan kehadiran digital dan memberikan informasi yang jelas dan mudah diakses akan membantu konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian. |