Strategi pemasaran dengan memanfaatkan celebrity endorsement kerap digunakan oleh brand untuk meningkatkan penjualan. Erigo adalah salah satu brand dalam industri fashion lokal yang memanfaatkan strategi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorsement JKT48 terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap brand Erigo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara daring menggunakan Google Form. Teknik purposive sampling dipakai untuk menentukan sampel, dan hasil perhitungan menunjukkan jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Penelitian ini mengacu pada teori utama seperti Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC), Celebrity Endorsement, Perilaku Konsumen, dan Keputusan Pembelian. Terdapat dua variabel yang diteliti, yaitu variabel bebas (X) berupa celebrity endorsement yang mencakup tiga dimensi: credibility (expertise, trustworthiness), attractiveness (similarity, familiarity, liking), dan power; serta variabel terikat (Y) berupa keputusan pembelian dengan empat dimensi: pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel celebrity endorsement oleh JKT48 berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian produk Erigo. |