Anda belum login :: 22 Feb 2025 12:27 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
HUBUNGAN ATTITUDE TOWARD BEHAVIOR, SUBJECTIVE NORM, PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL, DENGAN INTENSI MENGKONVERSI SEPEDA MOTOR BERBAHAN BAKAR BENSIN MENJADI BERTENAGA LISTRIK OLEH PEKERJA YANG MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR DI JAKARTA
Bibliografi
Author:
Dzulfikar, Toffa
;
Prawiro, Ferdinand
(Advisor)
Topik:
Theory of Planned Behavior
;
pekerja
;
Program Konversi Sepeda Motor
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
201807000052_Toffa Dzulfikar_LembarAdministratif.pdf
(374.17KB;
0 download
)
201807000052, Toffa Dzulfikar, Ferdinand Prawiro, S.Psi., M.Si., Hubungan Attitude Toward Behavior, Subjective Norm, Perceived Behavioral Control.., 3 Februari 2025.pdf
(975.06KB;
0 download
)
Abstract
Sepeda motor merupakan moda transportasi yang paling banyak digunakan mayoritas warga Jakarta untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta, populasi kendaraan bermotor di DKI Jakarta pada tahun 2022 sendiri ada dikisaran 26 Juta unit, dan 17 juta diantaranya adalah sepeda motor. Pilot Project konversi sepeda motor bensin menjadi sepeda motor bertenaga listrik yang digencarkan oleh kementerian ESDM sesuai dengan ketentuan dalam Permen Perhubungan Nomor 65 tahun 2020 berupa kegiatan memodifikasi sepeda motor dengan mengganti komponen mesin konvensional (mesin penggerak berbahan bakar minyak/bensin) dengan komponen listrik termasuk baterai atau disebut paket converter kit. Program KBLB ini merupakan bagian dari transisi energi untuk mewujudkan energi yang bersih, efisien, mengurangi kegiatan impor BBM, menghemat devisa negara, serta menghemat subsidi BBM.
Terdapat beberapa faktor yang dapat medorong intensi seseorang untuk mengkonversi sepeda motor konvensional yang ia miliki menjadi sepeda motor listrik berbasis baterai. Dengan demikian penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui faktor apa dari theory of planned behavior yang dapat mempengaruhi intensi seseorang untuk mengkonversi sepeda motor konvensional yang ia miliki. Penelitian ini dilakukan karena studi terkait intensi mengkonversi sepeda motor belum ada yang dilakukan dengan pendekatan theory of planned behavior yang dicetuskan oleh Ajzen dan Fishbein.
156 responden diperoleh melalui non probability convenience sampling / accidental sampling dengan karakteristik penelitian yang sudah ditentukan peneliti, khususnya pada karakteristik responden yang merupakan pekerja yang menggunakan sepeda motor untuk bekerja, dan berdomisili di Jakarta. Alat ukur yang diguanakan merupakan alat ukur yang diciptakan oleh peneliti dilandasi teori yang dikemukakan Ajzen & Fsihbein. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan uji statistik t dan ANOVA yang dibantu dengan menggunakan perangkat lunak Jeffrey’s Amazing Statistic Program (JASP).
Hasil penelitian menunjukkan hipotesis null (H0) dinyatakan ditolak, yang berarti terdapat pengaruh attitude toward behavior (ATB), subjective norm (SN), dan perceived behavioral control (PBC) terhadap intensi mengkonversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor bertenaga listrik berbasis baterai. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para pihak terkait, seperti para pengguna sepeda motor di Jakarta untuk bisa berkontribusi dalam mengurangi emisi gas buang, juga untuk institusi yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan program konversi agar bisa memberikan pelayanan yang sesuai dan efektif dalam mendukung gerakan konversi sepeda motor konvensional menjadi sepeda motor bertenaga listrik berbasis baterai.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)