Anda belum login :: 21 Feb 2025 18:39 WIB
Detail
BukuGambaran Kesepian pada Remaja Penggemar K-Pop
Bibliografi
Author: Budiarso, Sheren ; Prawiro, Ferdinand (Advisor)
Topik: Kesepian; K-Pop; Remaja
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Belakangan ini, K-Pop sudah mulai mendunia dan menyasar pasar anak remaja di Indonesia. Di masa remaja yang rentan akan kesepian, idola K-Pop melakukan berbagai macam fan service untuk membuat penggemar merasa dekat dengan idolanya. Maka dari itu, banyak sekali remaja yang semakin menggemari idola K-Pop.

Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif non-probability sampling dengan teknik convinience atau accidental sampling. Remaja penggemar K-Pop akan mengisi kuesioner yang telah diberikan. Partisipan akan mengisi bagian gambaran perilaku sebagai penggemar K-Pop untuk memisahkan mana partisipan yang merupakan penggemar K-Pop dan bukan. Lalu partisipan akan mengisi alat ukur kesepian, yaitu UCLA Loneliness Scale (Ver. 3) yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia untuk mengukur tingkat kesepian pada remaja. Alat ukur ini dapat mengukur kesepian secara umum. Item pada alat ukur berisikan 20 item, tetapi ada beberapa item yang dieliminasi sehingga peneliti yang menggunakan 13 item yang reliabel.

Penelitian ini diikuti oleh 122 partisipan perempuan dan laki-laki yang didominasi oleh perempuan sebanyak 80 partisipan dengan rata-rata usia 18,07 tahun yang berasal dari daerah Jabodetabek dan mayoritas berpendidikan S1. Penelitian menunjukkan bahwa partisipan mengalami kesepian tinggi dilihat dari nilai rata-rata skor 36,64. Hasil lainnya juga menunjukkan bahwa ada perbedaan kesepian antara laki-laki dan perempuan di mana laki-laki merasakan kesepian lebih tinggi dari perempuan (p 0.232). Selain itu, mayoritas partisipan juga menggunakan akun roleplay sebagai bentuk mengekspresikan diri dan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara penggemar K-Pop yang menggunakan aku roleplay dan yang tidak (p 0.011).
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)