Anda belum login :: 21 Feb 2025 19:36 WIB
Detail
BukuJENIS POLA ASUH ORANG TUA, KENAKALAN, DAN PRESTASI AKADEMIK MURID KELAS 7 DAN 8 MTS AL KHAIRIYAH
Bibliografi
Author: Syahrani, Adinda Bunga ; Prawiro, Ferdinand (Advisor)
Topik: Pola Asuh; Kenakalan Remaja; Prestasi Akademik; Siswa SMP; Convenience Sampling; Kruskal-Wallis; Mann-Whitney; Korelasi Spearman.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2025    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Siswa pada umumnya merupakan bagian dari kalangan remaja. Mereka masih dalam tahap eksplorasi pencarian jati diri, dan tanpa pengawasan dapat terjerumus melakukan kenakalan remaja. Setiap sekolah memiliki peraturan, dan pelanggaran aturan sekolah merupakan bagian dari kenakalan remaja. Masih dalam rangka sekolah, prestasi akademik juga merupakan bagian kehidupan sekolah yang penting bagi sebagian besar siswa. Prestasi akademik juga memiliki andil dalam mengurangi kemungkinan siswa melakukan kenakalan. Sekolah sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendidik siswa, maka pola asuh merupakan faktor lain yang penting dalam pendidikan karakter anak. Terdapat fenomena banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh siswa MTs Al-Khairiyah, walaupun sekolah tersebut merupakan sekolah berbasis agama dan memiliki akreditasi bagus. Penelitian ini menggunakan pendekatan statistik inferensial dengan metode survey untuk memberikan gambaran deskriptif.
Penelitian kuantitatif ini memiliki 83 partisipan dari kalangan siswa kelas 7 dan 8 MTs Al-Khairiyah. Data mengenai tipe pola asuh dikumpulkan melalui alat ukur PAQ-R yang sudah diadaptasi menyesuaikan perspektif anak, observasi terhadap prestasi akademik siswa yang diambil dari nilai raport dan tingkat kenakalan siswa dalam Jurnal kenakalan. Responden penelitian berjumlah 83 anak yang dipilih menggunakan teknik convenience sampling. Analisis data dilakukan dengan kruskal-wallis, ,mann whitney dan korelasional spearman untuk mengetahui perbedaan pengaruh dan hubungan antar variabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antar tipe pola asuh responden dengan kenakalan dan prestasi akademik. Namun ditemukannya hubungan yang signifikan antara kenakalan dengan prestasi akademik, dan adanya perbedaan pengaruh antar gender dengan prestasi akademik. Sekolah ini didominasi oleh anak yang diasuh dengan pola asuh demokratis, diikuti dengan otoriter dan terakhir adalah permisif. Hal ini dapat terjadi karena adanya faktor budaya orang tua yang mempengaruhi. Suku yang mendominasi ayah dan ibu adalah suku Betawi, diikuti dengan suku Jawa dan terakhir adalah suku Sunda.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.390625 second(s)