Sejak dicanangkannya kebijaksanaan lokalisasi komponen kendaraan bermotor, terus memacu industry komponen didalam negeri untuk meningkatkan kemampuannya. Dalam memenuhi standar yang ditentukan oleh Jepang sebagai negara pembuat kendaraan bermotor dan juga memenuhi standar industri di Indonesia. Semakin berkembangnya situasi diatas, menciptakan persaingan yang ketat diantara perusahaan pembuat komponen, dalam memenuhi persyaratan yang ditentukan, yaitu Quality, Cost dan Delivery. PT. 3M Indonesia adalah perusahaan pembuat komponen striping untuk sepeda motor pertama di Indonesia yang sampai saat ini berhasil memasok produknya dan mampu bertahan sebagai pemasok produk striping terbesar pada perusahaan otomotif ( sepeda motor Honda, Yamaha dan Vespa). Penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemasaran PT. 3M Indonesia dalam memasok produk graphic atau striping untuk kendaraan sepeda motor, dimana pemasarannya dilakukan secara langsung (direct selling) dengan memenuhi persyaratan standar perusahaan otomotif yaitu: Quality, Cost dan Delivery (QCD) . Dalam pelaksanaan pemenuhan persyaratan QCD ini tentunya melibatkan banyak sumber daya manusia, seperti: bagian pemasaran, administrasi, produksi, logistik, penelitian dan pengembangan. Kemudian bagaimana mereka sebagai satu tim dapat mengelola, menghasilkan sesuatu untuk memenuhi permintaan organisasi lain. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data sekunder tahunan, adapun analisa data yang digunakan adalah Analisa Trend dan Analisa Tabel Silang. Hasil Perhitungan Analisa Trend dan Tabel Silang terdapat kecenderungan bahwa, variabel Quality, Cost dan Delivery sangat berpengaruh terhadap variabel Market Share. Jadi kunci sukses Sistem Pemasaran ini: 1. Memenuhi persyaratan Quality, Cost dan Delivery yang terencana, konsisten dan terus menerus. 2. Membangun hubungan baik dan bermanfaat, melalui kerjasama dalam pengembangan produk, disain dan teknologi, Untuk kepentingan bersama. |