Anda belum login :: 21 Apr 2025 02:56 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Reputasi Bank, Kepercayaan, dan Loyalitas Nasabah
Bibliografi
Author:
RESPATI, YOSAFAT AURELIO LEAN
;
Prasetya, Wibawa
(Advisor)
Topik:
Kualitas Layanan
;
Reputasi Bank
;
Kepercayaan Nasabah
;
Loyalitas Nasabah
;
Structural Equation Modeling
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2025
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Yosafat Aurelio Lean Respati_Undergraduated Thesis_2024.pdf
(2.3MB;
3 download
)
201804530004_Yosafat Aurelio Lean Respati_LembarAdministrasi..pdf
(1.2MB;
2 download
)
Abstract
Industri perbankan saat ini sudah semakin kompleks dikarenakan mengalami banyak permasalahan, terutama dari faktor yang tak terduga seperti pandemi yang telah berlalu dan kemajuan teknologi yang terlampau cepat. Tidak sedikit bank yang harus dilikuidasi atau tutup akibat permasalahan yang terjadi secara global dan masif, sehingga membuat bank lain terpicu untuk terus berkembang agar dapat beradaptasi dengan perkembangan yang terjadi, terutama bagi Bank BRI sebagai salah satu bank milik pemerintah yang juga merupakan bank tertua di Indonesia. Terdapat beberapa faktor yang membuat bank terus dapat bersaing, diantaranya yaitu kualitas layanan, reputasi bank, kepercayaan nasabah, dan loyalitas nasabah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap reputasi bank, pengaruh kualitas layanan terhadap kepercayaan nasabah, pengaruh reputasi bank terhadap kepercayaan nasabah, pengaruh reputasi bank terhadap loyalitas nasabah, pengaruh kepercayaan nasabah terhadap loyalitas nasabah, dan pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 68 orang. Sampel responden merupakan nasabah aktif Bank BRI minimal selama 5 tahun dan berdomisili di Jabodetabek. Teknik sampling menggunakan metode purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan metode Structural Equation Modeling dengan software SmartPLS versi ke-3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya reputasi bank yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan untuk hubungan yang lain dikatakan positif dan berpengaruh signifikan. Saran untuk penelitian selanjutnya agar dicari variabel lain selain kualitas layanan yang dapat memengaruhi loyalist nasabah. Selain itu Bank BRI harus memperhatikan kualitas layanan dan mengevaluasinya secara periodik.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)