Setiap produk pasti akan mengalami proses daur hidup. Perusahaan harus teliti dalam menentukan tahapan daur hidup produk dan juga dalam menerapkan strategi pemasarannya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan statistika deskriptif untuk melihat persentase perubahan volume penjualan dan tabel silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, produk Shampoo FORA saat ini sedang menjalani tahap kedewasaan didalam daur hidup produknya. Tepatnya tahap kedewasaaan fase yang pertama, yaitu kedewasaan pertumbuhan. Dan dari hasil analisa tabel silang, diperoleh bahwa ada pengaruh antara strategi daur hidup produk dengan penjualan, yang meliputi merek, model/ kemasan, harga, saluran distribusi, periklanan, dan promosi penjualan. Saran-saran yang dapat penulis berikan kepada PT. Hadikusumo Bros Coy, adalah: modifikasi model/ kemasan, Periklanan dikembangkan lagi, Perluas saluran distribusi, dan Kembali gencarkan promosi penjualan. |