Anda belum login :: 20 Feb 2025 09:50 WIB
Detail
BukuEfektivitas Rapid Counseling Single Session Music Therapy untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA YADIKA 5
Bibliografi
Author: Olivia, Jenifer ; Situmorang, Dominikus David Biondi (Advisor)
Topik: Rapid Counseling; Single-Session Music Therapy; Motivasi Belajar.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2024    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Abstract
Siswa merupakan individu yang sudah pada tahap perkembangan remaja akhir. Siswa memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menyelesaikan pendidikan dengan efektif. Namun keadaan di lapangan saat ini berbanding terbaik, banyak siswa yang tidak melaksanakan hal negatif seperti menyontek, bolos sekolah, tidak mengerjakan tugas, tidur di kelas dan lainnya. Perilaku tersebut muncul karena tidak atau kurang memiliki motivasi belajar. Kondisi motivasi belajar siswa dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Pada penelitian ini menggunakan aspek dari Goleman & Chernist (2001) yaitu adanya dorongan, sikap optimis, komitmen, dan Inisiatif. Intervensi berupa layanan konseling kelompok dengan Rapid Counseling Single-Session dengan teknik music (music therapy passive dan active).Penelitian ini dilakukan kepada lima orang siswa SMA YADIKA 5 yang memiliki skor motivasi belajar rendah dan bersedia melakukan konseling. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan desain one group pretest, posttest, and follow-up (repeated measures). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen skala penilaian yang diadopsi dari Suryani (2015) . Hasil dari penelitian ini adalah Rapid Counseling dengan Single-Session Music Therapy memiliki dampak yang efektif meningkatkan motivasi belajar subjek yang sebelumnya memiliki motivasi belajar rendah. Ditunjukkan melalui semangat belajar konseli saat pembelajaran, salah satunya IF yang tidak mudah mengantuk saat pembelajaran. Saran bagi subjek penelitian yaitu lima siswa SMA YADIKA 5 untuk mempertahankan motivasi belajarnya dan silahkan ditingkatkan secara bertahap agar motivasi tersebut dapat mendorong dan mencapai target akademik yang diinginkan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)