Dengan makin berkembangnya kebutuhan atau keinginan konsumen terhadap produk elektronika di pasaran, khususnya untuk produk VTR, maka para produsen harus mampu memahami hal tersebut dengan menghasilkan produk baru yang lebih bermanfaat serta mengadakan komunikasi dengan konsumen, sehingga mampu memahami keberadaan produk tersebut. Begitu pula untuk PT. NATIONAL PANASONIC GOBEL, yang berupaya mengadakan komunikasi dengan konsumen mengenai produk baru VTR yang dipasarkannya. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan PT. NATIONAL PANASONIC GOBEL dalam peluncuran produk VTR, berdasarkan spesifikasi maupun manfaat produknya yang perlu disampaikan kepada konsumen. Tehnik Analisa data yang digunakan disini adalah tehnik analisa deskriptif mengenai faktor-faktor intern dan ekstern perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan strategi promosi yang dilakukan sesuai rencana pemasaran, dapat menunjang keberhasilan peluncuran produk VTR Super Drive System, dengan jumlah pemasaran produk VTR yang melebihi target pemasaran yang ditetapkan perusahaan. Dan saran-saran yang dapat penulis kemukakan adalah agar dalam kegiatan peluncuran produk VTR selanjutnya, perusahaan dapat memanfaatkan media promosi yang tainnya antara lain TV, Billboard, iklan pada jembatan penyeberangan, bus umum, shelter bus, dengan penyampaian informasi melalui gambar dan kalimat yang lebih kreatif sehingga mampu menarik perhatian para konsumen terhadap produk VTR. |