Strategi komunikasi adalah penggabungan dari perencanaan, taktik, cara yang akan dipergunakan dalam mencapai tujuan komunikasi dengan memperhatikan aspek-aspek yang ada pada proses komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi podcast “Agak Laen” dalam meningkatkan audience engagement. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi pustaka. Wawancara dilakukan kepada podcaster, pendengar podcast, dan praktisi komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi podcast “Agak Laen” dalam meningkatkan audience engagement dapat ditinjau dari marketing/pemasaran, dari jenis isi konten, dan jenis khalayak. Selain itu, terdapat USP (Unique Selling Point) pada podcast “Agak Laen” yang mengawali episode 2 untuk konten podcast pertama mereka. Pemilihan packaging podcast yang unik dan beda menjadi pendukung untuk menarik perhatian pendengar podcast. Penelitian ini menyimpulkan bahwa public speaking dan storytelling dari masing-masing podcaster yang menggambarkan kehidupan sehari-sehari dan juga teknik redundancy atau repetition yang digunakan dalam setiap konten podcast seperti penggunaan kata ’kelen’ dan ’pasukan bermarga’ sebagai panggilan untuk pendengar podcast yang telah berhasil meningkatkan keterlibatan pendengar podcast, yang pada akhirnya memperkuat loyalitas pendengar dengan menantikan dan mendukung setiap konten yang dibuat oleh podcast “Agak Laen”. |