Latar Belakang: Kemampuan untuk mengatur waktu adalah keterampilan yang sangat penting dan banyak penelitian telah dilakukan untuk menemukan cara-cara untuk meningkatkannya. Seminar dikatakan sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan pemahaman antar mahasiswa. Seminar pada umumnya dilakukan secara tatap muka, namun karena pandemi COVID-19, seminar daring mulai banyak dikenal dan dilakukan oleh masyarakat. Penelitian ini difokuskan untuk menguji dampak pelatihan dengan metode seminar daring menggunakan sub-modul pembelajaran kewirausahaan terhadap manajemen waktu pada mahasiswa. Metode: Penelitian eksperimen semu dengan menggunakan metode sample tanpa probalitas dengan pertimbangan kriteria mahasiswa baru. Mahasiswa yang tidak hadir dalam seminar online yang dilakukan seminggu sekali selama dua minggu akan langsung dikeluarkan. Kuesioner penilaian keterampilan manajemen waktu dari Universitas Wayne digunakan sebagai penilaian dan uji analisis yang digunakan adalah uji t berpasangan dengan menggunakan nilai rata-rata tes sebelum dan sesudah seminar daring dari hasil penilaian. Hasil: Sebanyak 182 mahasiswa baru melakukan pre-test dengan skor rata-rata 51,4. Pada akhir pelatihan, hanya ada 14 siswa yang memenuhi kriteria eksklusi. Setelah menggunakan uji t berpasangan, hasilnya adalah p=0,4149 (p>0,05). Kesimpulan: Tidak terdapat peningkatan yang signifikan antara pre-test dan post-test mahasiswa mengenai kemampuan manajemen waktu sebelum maupun sesudah seminar daring pada mahasiswa baru angkatan 2023 program studi kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. |