Perkembangan tekonlogi saat ini dimana Live Streaming menjadi video streaming dapat dijadikan alternatif bagi para pengguna media sosial untuk berinteraksi. Interaksi antar pengguna melalui live video streaming akan berlangsung secara real time. Di Indonesia, penelitian serta riset yang membahas mengenai hal ini serta dampaknya terhadap Impulsive Buying masih terbatas dan cenderung masih sedikit. Dengan adanya penelitian terdahulu yang telah diteliti serta sedikitnya penelitian hal ini di Indonesia, maka peneliti ingin melakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Impulsive Buying Behaviour pada Live Streaming di Shopee. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengguna e-commerce di Jabodetabek. Sampel yang diambil sebanyak 180 responden dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu Smart PLS 3. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji outer model, inner model, dan uji hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa promotion time limit, perceived opportunity cost, dan, trust yang tidak berpengaruh langsung terhadap perceived risk. Hal ini diketahui bahwa hanya price promotion, consumer – streamer interaction, dan visual appeal yang berpengaruh langsung terhadap perceived risk. Kemudian hanya perceived opportunity cost yang berpengaruh langsung terhadap Impulse Buying Behaviour. Sedangkan price promotion, promotion time limit, consumer – streamer interaction, visual appeal, trust, dan perceived risk tidak berpengaruh secara langsung terhadap Impulse Buying Behaviour. Berdasarkan uji tidak langsung bahwa price promotion berpengaruh terhadap Impulse Buying Behaviour melalui perceived risk. Promotion time limit berpengaruh terhadap Impulse Buying Behaviour melalui perceived risk. Perceived opportunity cost berpengaruh terhadap Impulse Buying Behaviour melalui perceived risk. Steamer interaction berpengaruh terhadap Impulse Buying Behaviour melalui perceived risk. Visual appeal berpengaruh terhadap Impulse Buying Behaviour melalui perceived risk. Trust berpengaruh terhadap Impulse Buying Behaviour melalui perceived risk. |