Di era digital ini, kegiatan jual beli dapat dilakukan melalui beberapa media termasuk toko online. customer review, social media advertisement, celebrity endorsement menjadi metode yang seringkali digunakan untuk menarik calon konsumen agar mau membeli produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung customer review, social media advertisement, dan celebrity endorsement terhadap purchase intention baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan dari November hingga Desember 2023. Responden dilibatkan jika berusia di atas 17 tahun, pernah menggunakan penjualan atau pembelian secara online di e-commerce, dan berdomisili di Jabodetabek. Analisis data dilakukan menggunakan analisis data deskriptif dan uji statistik. Terdapat 221 responden yang berdomisili di Jabodetabek. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh customer review, social media advertisement, dan celebrity endorsement terhadap purchase intention di toko online baik secara parsial maupun simultan. Customer review, social media advertisement, dan celebrity endorsement memiliki pengaruh sebesar 32,1% terhadap purchase intention di toko online. Sementara itu, 67,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel-variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini. |