Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh PT. Sempati Air untuk produk Preferred Connection Card dalam rangka meningkatkan jumlah anggotanya dan apakah strategi itu memang dapat meningkatkan jumlah anggota PCC. Dalam penelitian ini dilakukan studi pustaka dengan mempelajari berbagai sumber bacaan dan studi lapangan di mana diperoleh data primer lewat wawancara langsung dengan 1 orang Corporate Communication Manager dan 1 orang Staff Marketing Product Management Commercial Directorate. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif dan untuk menganalisa jumlah anggota PCC digunakan analisa tabulasi tunggal dan analisa trend. Hasil penelitian ini secara garis besar menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilaksanakan PT. Sempati Air untuk PCC menggunakan bauran pemasaran di mana keunggulan terdapat pada variabel produknya, dan ditujukan pada pasar sasarannya yaitu para pengusaha. Strategi pemasaran itu ditetapkan dengan menganalisa terlebih dulu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Strategi pemasaran yang telah dilaksanakan tersebut ternyata berhasil meningkatkan jumlah anggota PCC dari tahun ke tahun. Namun, meskipun tidak besar, peningkatan itu juga terjadi dalam jumlah anggota PCC yang keluar. Jadi, perusahaan sebaiknya segera mengantisipasi hal-hal yang dapat menghambat pemasaran PCC di masa mendatang. |