UMKM memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB dan menyediakan lapangan kerja. Namun, terdapat kekurangan pengetahuan tentang bagaimana faktor-faktor seperti kebijakan pemerintah atau akses teknologi dapat memoderasi atau memediasi hubungan ini. Di era industri 4.0, UMKM ditantang untuk berinovasi agar tetap kompetitif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data dari 122 responden UMKM di Jakarta, dikumpulkan melalui kuesioner Google Forms dan dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 26. Hasilnya menunjukkan bahwa orientasi inovasi, yang meliputi inovasi produk, proses, organisasi, pemasaran, serta kualitas produk, memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi UMKM dalam mengembangkan strategi inovasi yang efektif dan membantu pembuat kebijakan dalam mendukung pertumbuhan UMKM di era digital. |