Industri perhotelan merupakan salah satu sektor yang dinamis dan menawarkan berbagai peluang karir bagi lulusan siswa dan mahasiswa dengan jurusan yang linear. Maka dari itu, hotel seringkali membuka program magang untuk memberikan kesempatan bagi siswa dan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis yang diperlukan. Program magang yang efektif tidak hanya menguntungkan peserta magang, tetapi juga memberikan hotel akses ke sumber daya manusia yang terampil dan siap kerja. Penelitian ini mengukur pengalaman magang para siswa dan mahasiswa yang sudah selesai mengikuti program magang yang disediakan oleh The Westin Jakarta. Pengambilan data dilakukan dengan melibatkan informan yang merupakan peserta magang, di lengkapi dengan catatan observasi, dan dokumen pendukung yang dibutuhkan. Data kemudian terbagi menjadi beberapa dimensi pengalaman magang, yaitu internship achievements, mentorship and assessment, interpersonal relationships, compensation, hotel features, hotel internship programming, dan curriculum requirements. Hasil dari analisis yang telah dilakukan, menggambarkan bahwa pentingnya sosialisasi terhadap keuntungan yang diterima oleh peserta magang mampu memberi pengalaman yang berkesan. Keseluruhan pengalaman magang mampu memberi dampak terhadap pemilihan karir peserta magang kedepannya dalam penelitian ini. |