Anda belum login :: 04 Jun 2025 18:52 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
KESULITAN MENULIS SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN KEDOKAN
Bibliografi
Author:
Yalak, Pince
;
Rahmawati, Magdalena Chori
(Advisor)
Topik:
Kesulitan
;
Menulis
;
Siswa
;
Penelitian Kualitatif
;
xiii
;
Halamana
;
tabel
;
44 gambar Referensi 17)
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis - Abstract of Undergraduate Thesis
Fulltext:
Pince Yalak_Undergraduated Thesis_2024.pdf
(2.47MB;
8 download
)
201903550050_Pince Yalak_Lembar Adminitrasi..pdf
(460.36KB;
3 download
)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam menulis permulaan di kelas 2 SDN Kedokan. Peneliti menemukan masih ada siswa yang mengalami kesulitan menulis. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan kesulitan menulis permulaan (2) Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan menulis permulaan pada siswa kelas II di SDN Kedokan (3) Mendeskripsikan solusi guru untuk mengatasi permasalahan kesulitan menulis siswa kelas II pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Kedokan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan partisipan berjumlah 10. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan menulis permulaan yang dialami siswa diantaranya (1) siswa masih sulit dalam mengingat bentuk antar huruf (2) Ukuran huruf yang belum stabil dan jarak spasinya terlalu dekat (3)Penulisan huruf yang belum sesuai (4) Cara memegang alat tulis yang belum seimbang.(5) Menulis yang terlalu lama.Faktor penyebab dari kesulitan menulis permulaan di antaranya (1) Kurang nya minat belajar siswa (2) Pemilihan Media metode dan suasana yang kurang menarik (3) Dukungang orang tua yang kurang (4) Sarana dan prasana yang kurang mendudkung.Upaya dan peran guru dalam membimbing siswa yang mengalami kesulitan menulis permulaan diantaranya. (1) Memberikan kelas tambahan. (2) Memberikan motivasi belajar.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.109375 second(s)