Anda belum login :: 23 Apr 2025 08:43 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
SEGMENTASI PERILAKU KONSUMEN PERANGKAT AUDIO MENGGUNAKAN PENDEKATAN MACHINE LEARNING DENGAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING (STUDI KASUS : HEADPHONE, EARPHONE DAN TRUE WIRELESS STEREO (TWS))
Bibliografi
Author:
'Chang, Michael
;
Triyanti, Vivi
(Advisor)
Topik:
Segmentasi Perilaku
;
K-Means Clustering
;
Machine Learning
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Sarjana Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tahun Terbit:
2024
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
20200453006_Michael Chang_LembarAdministrasi.pdf.pdf
(319.65KB;
4 download
)
Michael Chang_Undergraduated Thesis_2024..pdf
(5.83MB;
3 download
)
Abstract
Perangkat audio adalah salah satu teknologi yang kerap digunakan untuk berkomunikasi seperti menelepon, mendengar lagu dan lainnya. Perangkat ini tentu menjadi lebih berkembang dan semakin banyak inovasi-inovasi yang ada untuk mengatasi masalah yang ada salah satunya Covid-19. Perusahaan perangkat audio tentu perlu merencanakan strategi pemasaran guna mendapatkan keuntungan, salah satunya dengan mengidentifikasi segmentasi konsumen pada pasar sehingga bisa menjangkau konsumen. Sayangnya tidak ada penelitian yang membahas mengenai beragam jenis perangkat audio akibat inovasi-inovasi yang ada. Oleh karena itu, peneliti melakukan pembuatan segmentasi pasar terutama segmentasi perilaku konsumen pada produk perangkat audio guna mengetahui strategi pemasaran yang tepat dalam menjangkau konsumen. Penelitian ini akan menggunakan algoritma K-Means Clustering beserta validasinya. Data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang dilakukan pada wilayah Jakarta untuk masyarakat yang tergolong generasi Z. Pengujian korelasi juga dilakukan guna menampilkan karakteristik dari segmen yang terbentuk dari model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 segmen berdasarkan perilaku pengguna perangkat audio dengan karakteristiknya masing-masing. Ketiga segmen mememiliki karakterisik mengeluarkan sejumlah uang = Rp 800.000,- dengan penggunaan = 5 jam/hari yang tersebar di wilayah Jakarta. Perbedaan ketiga segmen yang terlihat dengan jelas ada pada persebaran di wilayah Jakarta serta faktor pemilihan perangkat audio. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi kepada perusahaan perangkat audio berupa strategi pemasaran berdasarkan segmen yang terbentuk seperti lifestyle marketing dan lainnya.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.078125 second(s)