Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kenyamanan, lingkungan fisik pasar, dan kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung di Pusat Grosir Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei yang melibatkan 150 responden yang telah berbelanja di Pusat Grosir Surabaya. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan menggunakan Google Forms dan wawancara langsung. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan Partial Least Squares (PLS). Penelitian ini menemukan bahwa variabel kenyamanan dan kualitas layanan memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan dengan lingkungan fisik pasar terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenyamanan, lingkungan fisik pasar, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Namun dari pengaruh terhadap loyalitas pengunjung, lingkungan fisik pasar tidak memiliki pengaruh signifikan, hanya kenyamanan dan kualitas layanan yang memiliki pengaruh signifikan. Sementara itu berdasarkan hasil uji mediasi ditemukan bahwa kenyamanan, lingkungan fisik pasar, dan kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas melalui mediasi kepuasan. |