Folkative merupakan media yang berbasis di Instagram dengan mengadopsi gaya komunikasi yang unik dan berfokus pada penyediaan informasi terbaru dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi yang digunakan oleh akun Instagram Folkative sebagai pemenuhan informasi dan efektivitas media sosial Instagram sebagai pemenuhan informasi. Teori-teori yang terdapat dalam penelitian ini adalah Uses and Gratifications Theory, Gaya Komunikasi, Kebutuhan Informasi, New Media, Media Sosial, Media Sosial Instagram, dan Efektivitas Instagram sebagai Media Informasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui teknik wawancara secara mendalam, observasi pada akun media sosial Instagram, dan bukti dari dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara kepada mahasiswa/I generasi Z dari program studi Ilmu Komunikasi UNIKA Atma Jaya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pemilihan media sosial Instagram sebagai tempat untuk menyajikan informasi sudah sangat tepat dan gaya komunikasi yang digunakan oleh akun Instagram Folkative sesuai dengan target audiens-nya, namun gaya komunikasi yang dimiliki oleh Folkative perlu ditingkatkan melalui sumber, pemberian judul tidak clickbait, keselarasan penggunaan bahasa pada headline news dan caption, serta kejelasan dan kelengkapan informasi yang disajikan karena Folkative menyajikan beragam informasi dan cakupannya luas. |