Konser musikal adalah sebuah gabungan dari gerak dan suara, yang diperagakan dengan sebuah cerita yang menghasilkan nyanyian serta tarian yang disajikan bersamaan. Konser musikal juga dapat digunakan sebagai media dalam memasarkan sebuah film. Film Petualangan Sherina 2 menggunakan konser Musikal Petualangan Sherina 2022 sebagai salah satu media komunikasi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan event marketing konser Musikal Petualangan Sherina 2022 dalam meningkatkan minat menonton film Petualangan Sherina 2. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran, integrated marketing communication, dan event marketing. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode pengumpulan data nya melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah penonton konser Musikal Petualangan Sherina 2022, dan objek nya adalah konser Musikal Petualangan Sherina 2022. Kualitas data diperoleh dari triangulasi waktu, melalui observasi, wawancara serta dokumentasi pada situasi dan waktu yang berbeda hingga memperoleh data yang kredibel. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan event marketing dalam upaya memasarkan film Petualangan Sherina 2 berhasil mendatangkan minat beli penonton untuk menonton film Petualangan Sherina 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konser Musikal Petualangan Sherina 2022 berhasil mendatangkan minat menonton para penonton, karena konser tersebut merupakan media yang tepat dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran film Petualangan Sherina 2022. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah disarankan meneliti menggunakan metode kuantitatif untuk melihat pengaruh dari event marketing dengan minat para penonton, serta untuk perusahaan dapat melakukan kegiatan promosi lebih banyak dan lebih intense. |